Rabu, 29 Agustus 2007

Perkembangan Haddisk

Kali ini catatan tentang perkembangan Harddisk buat Aristia dan Roderich. Nti kamu bisa make judul misalnya : .... informasi dengan teknologi Harddisk ...
Oya ini ada contoh situs yang nge-bahas tentang harddisk.

Kisi-kisi pembahasannya bisa seputar ini :
  1. Computer Storage Media, definisikan Computer storage media sebagai media penyimpan dalam sistem komputer, ada 3 macam, yaitu : Primary storage (main memory, register dan cache), Secondary storage atau off-line storage (flash disk, floppy disk, harddisk) dan (jukebox). Kemudian kamu mulai bahas data yang diproses dikomputer disimpan didalam secondary storage secara permanen. Jadi data atau informasi tadi bisa diakses sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun kecepatan Secondary storage itu lebih lambat dibanding dengan primary (lah iya kan, kecepatan RAM in dalam nanosecond sedang harddisk itu dalam milisecond). Secondary storage atau bisa dibilang mass storage itu ada yang optical, contohnya CD, DVD atau juga yang magnetic seperti harddisk atau floppy disk. Harddisk terdiri dari banyak piringan (platter) magnetik yang digunakan untuk menyimpan data. Setiap piringan magnetik (platter) terdiri dari sector dan track.


    Cara penyimpanan data pada platter menggunakan teknik perekaman magnetis. Lingkaran yang berwarna kuning menunjukkan sector dan warna biru menunjukkan track. Setiap sector dapat menyimpan 256 - 512 bytes data. Seperti yang dijelaskan di Bagian 1. Memory Komputer, data disimpan dalam sistem binary. Data yang akan disimpan di harddisk, ditambahi 1 bit ekstra. Bit ini tidak memakan tempat. Pada saat data diambil, bit ini membantu mendeteksi kesalahan acak yang disebabkan oleh variasi medan magnet pada drive.



    Untuk menuliskan data, drive menggerakan head melalui track, hingga menemukan track yang dimaksud. Waktu yang digunakan untuk mencari track disebut dengan istilah "seek time". Kemudian platter akan berputar hingga sector yang diinginkan. Waktu yang dipakai untuk menemukan sector ini disebut "drive latency". Semakin kecil waktu seek dan latency maka semakin cepat drive menyelesaikan proses. Setelah sampai pada lokasi yang tepat, maka drive akan mengirimkan sinyal pada head yang menghasilkan medan magnetik yang mengubah permukaan magnetik pada platter. Variasi yang terekam tersebut sekarang mewakili sebuah data. Sebaliknya saat membaca data, jika telah sampai pada lokasinya, maka komponen elektronik pada drive mendeteksi perubahan kecil dalam medan magnetik dan mengubahnya menjadi bit. Setelah dicek ulang, maka data tersebut ditransfer ke sistem.
  2. Harddisk Evolusion, disini coba dibahas tentang teknologi harddisk, dari yang paling kuno sampai yang paling modern, SCSI, SATA, dll.
  3. Bagaimana dengan Harddisk yang paling modern ini bisa mensupport pemberdayaan masyarakat ? Wah susah juga ya ngebahasnya, tapi mungkin bisa deh, coba kalau dikaitkan dengan banyaknya informasi yang dapat direkam. sehingga menunjang peningkatan teknologi di dalam perusahaan. Oiy... yang ini coba dulu yach... nti malem kalo ada ilham saya tulis lagi lanjutannya, okay...

Tidak ada komentar: